#HEADLINE NEWS

Video Teknik Kombinasi pola gerak dasar Atletik Lompat Jauh

www.guruolahraga.id -  Satuan Pendidikan SD/MI, Mata Pelajaran : PJOK, Kelas /Semester :V/Ganjil, Tema : Kombinasi pola gerak Permainan Lompat Jauh

A. KOMPETENSI INTI (KI)
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. 
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,guru, dan tetangga. 
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.3 Menerapkan prosedur kombinasi pola gerak dasar  jalan, lari, lompat, dan lempar melalui permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional 3.3.1. Menjelaskan prosedur kombinasi gerak dasar awalan Lompat Jauh
3.3.2. Menjelaskan prosedur kombinasi gerak dasar tumpuan Lompat Jauh
3.3.3. Menjelaskan prosedur kombinasi gerak dasar melayang di udara saat Lompat Jauh
3.3.4. Menjelaskan prosedur kombinasi gerak dasar mendarat pada Lompat Jauh
4.3 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar  jalan, lari, lompat, dan lempar melalui permainan/ olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional. 4.3.1 Melakukan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor awalan lompat jauh sesuai dengan prosedur
4.3.2 Melakukan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor tumpuan lompat jauh sesuai dengan prosedur
4.3.3 Melakukan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor gerakan melayang di udara sesuai dengan prosedur
4.3.4 Melakukan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor gerakan mendarat sesuai dengan prosedur

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui pendalaman cerita, pendalaman cerita kitab suci, diskusi dan mendaraskan mazmur, peserta didik dapat :
Menjelaskan kombinasi pola gerak dasar Awalan lompat jauh
Menjelaskan kombinasi pola gerak dasar Tumpuan lompat jauh
Menjelaskan kombinasi pola gerak dasar Melayang di udara ketika lompat jauh
Menjelaskan kombinasi pola gerak dasar Mendarat setelah lompat jauh
Memperagakan  berbagai teknik dasar Awalan lompat jauh
Memperagakan berbagai teknik dasar Tumpuan lompat jauh
Memperagakan berbagai teknik dasar Melayang di udara ketika lompat jauh
Memperagakan berbagai teknik dasar Mendarat setelah lompat jauh

D. Materi Pembelajaran
1. Pengertian dan Sejarah
Atletik adalah gabungan dari beberapa jenis olahraga yang secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi Lari,Lempar,Lompat. Kata ini berasal dari bahasa Yunani "athlon" yang berarti "kontes". Atletik merupakan cabang olahraga yang diperlombakan padaOlimpiade pertama pada 776 SM. Induk organisasi untuk olahraga atletik di Indonesia adalah PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia).

Pada perkembangannya, atletik dibagi dalam 4 nomor pokok, yaitu:
1. nomor lari
2. nomor lompat
3. nomor lempar
4. nomor jalan

Nomor lompat
1. Lompat Tingi
2. Lompat Jauh
3. Lompat Galah
4. Lompat jangkit

2. Pengertian dan Teknik Lompat jauh 
Lompat jauh yaitu merupakan suatu gerakan melompat ke depan atas dalam upaya untuk membawa titik berat badan selama mungkin di atas udara (melayang di udara) yang dilakukan harus dengan cepat dan dengan jalan serta melakukan tolakan pada satu kaki untuk mencapai jarak yang sejauh-jauhnya.
Tekhik lompat jauh meliputi (1) awalan (2) tumpuan (3) melayang di udara dan (4) mendarat

1. Teknik Awalan
Awalan dalam lompat jauh sedikit berbeda dengan lompat tinggi. Awalan pada olahraga ini adalah dengan berlari secepat mungkin untuk mendapatkan kecepatan yang tinggi sebelum melakukan gerakan menolak.

2. Teknik Tolakan
Tolakan disini adalah berpindahnya kecepatan vertical yang didapat dari berlari tadi ke kecepatan horizontal. Hal ini dilakukan agar tubuh dapat melayang di udara. Dalam melakukan tolakan pada lompat jauh, atlet akan menggunakan kakinya yang paling kuat untuk tumpuan dan mengayunkan kaki depan serta mengangkat tangan ke atas. Jika atlet dapat mengkombinasikan antara kecepatan ketika berlari dan tolakan ke atas yang baik maka atlet tersebut akan membawa tubuhnya ke atas dan dapat melayang di udara ke arah depan dengan waktu yang relatif lama.
3. Teknik Melayang (Sikap Badan di Udara)
Pada lompat jauh pada saat badan udara maka ayunkan kaki kanan Anda secepat mungkin ke arah depan. Pada saat Anda sudah mencapai titik tertinggi dari sikap badan melayang di udara, atur kaki Anda seperti sedang duduk atau jongkok. Setelah turun dari posisi melayang maka julurkanlah kaki Anda ke depan.

4. Teknik Pendaratan
Pada waktu tumit Anda belum menyentuh di pasir tempat pendaratan, kedua kaki Anda harus lurus atau dijulurkan ke arah depan. Usahakan agar kedua kaki tidak saling menjauhi. Karena jika jarak Antara kedua kaki Anda semakin lebar, maka jarak lompatan Anda juga semakin berkurang.
Agar pada waktu pendaratan Anda tidak jatuh duduk pada pantat maka sebaiknya setelah tumit Anda menyentuh tempat pendaratan codongkan badan ke arah depan dengan posisi kedua lutut ditekuk.
Setelah melakukan lompatan di atas pasir maka jangan kembali ke tempat Anda melakukan gerakan tumpuan dengan menginjak daerah pendaratan.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *